Begini Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Puisimu – Asuransi perjalanan wisata merupakan produk perlindungan atas diri pelancong ketika berlibur. Saat ini, perusahaan-perusahaan pertanggungan umumnya menawarkan dua tipe asuransi perjalanan, yakni untuk perjalanan domestik dan internasional. Kedua produk ini memiliki cakupan perlindungan yang berbeda, namun lazimnya sama-sama melindungi pemilik polis dari risiko kesehatan, kecelakaan, perjalanan pemilik polis. Lalu, bagaimana cara klaim asuransi perjalanan? Simak ulasannya dalam artikel berikut, ya.

Dilansir dari Kompas.com, kebanyakan perusahaan asuransi menggunakan skema reimburse untuk penggantian klaim. Artinya, Anda perlu menggunakan dana pribadi terlebih dahulu saat hendak berobat di rumah sakit di lokasi berlibur. Setelah itu, barulah Anda dapat mengajukan penggantian biaya atas pengobatan. Proses ini juga berlaku untuk kerugian atas penundaan penerbangan, kehilangan bagasi, dan lainnya sesuai polis.

Namun, Anda tidak perlu khawatir soal proses penggantian dana. Pasalnya, sejumlah perusahaan pertanggungan melayani klaim melalui jalur daring (online). Sehingga, Anda bisa langsung mengajukan klaim lewat situs resmi perusahaan tersebut bahkan ketika Anda masih berada di destinasi wisata.

Biasanya, Anda hanya akan diminta untuk mengunggah beberapa formulir pengajuan klaim atau bahkan mengisi langsung data-data yang dibutuhkan dalam aplikasi ponsel buatan perusahaan asuransi. Tapi, jangan lupa untuk melampirkan kwitansi atau bukti pembayaran asli, ataupun bukti notifikasi bahwa penerbangan Anda ditunda, maupun bagasi Anda hilang, ya. Sebab, bukti-bukti tertulis ini perlu Anda kirimkan ke perusahaan asuransi.

asuransi perjalanan wisata

Bisakah klaim asuransi perjalanan cepat terganti?

Secara umum, proses klaim bergantung pada setiap perusahaan asuransi. Akan tetapi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut supaya pengajuan klaim Anda lekas diterima:

  1. Bawa kartu asuransi dan simpan soft file polis Anda di ponsel. Jika Anda menggunakan asuransi dari perusahaan internasional, ada kemungkinan Anda tidak perlu melakukan pengajuan klaim di belakang (dengan cara reimburse). Sebab, kanal perusahaan pertanggungan di destinasi wisata Anda punya kemungkinan untuk langsung membantu Anda ketika risiko terjadi. Untuk itu, simpan selalu kartu asuransi dan soft file polis Anda di ponsel agar agen di kota/negara tersebut bisa membantu Anda.
  2. Ajukan klaim di negara kejadian. Seperti yang sudah disebutkan di atas, sistem reimburse online memungkinkan Anda untuk mengajukan klaim secepatnya, terlepas lokasi Anda. Untuk itu, jangan menunggu pulang ke negara asal untuk mengajukan klaim. Dengan melakukan ini, penggantian dana bisa lebih cepat cair.
  3. Isi dan kirimkan semua dokumen yang diminta. Bergegas saja tidaklah cukup. Untuk itu, Anda perlu juga memastikan data diri dan semua berkas yang diminta perusahaan pertanggungan sudah Anda lampirkan. Kelengkapan dokumen prasyarat bisa mempercepat proses penggantian dana Anda.

Demikianlah ulasan tentang cara mengajukan klaim asuransi wisata. Semoga informasi di atas cukup membantu Anda, ya. Selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *